Your alt title

Aku Dan Blog


Pada postinan kali ini saya akan menceritakan pengalaman ngeblog saya dan membagikan beberapa tips untuk ngeblog khusus dari saya,malaupun sebenernya saya cuman punya sedikit pengalaman ngeblog karna saya mulai menggeluti dunia blog gak samapi setahun,tapi sepertinnya pengalaman saya ini cukup untuk dibagikan kepada para blogger khususnya para blogger baru....


“apa itu Blog”
Blog sekarang ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita,namun saya masih rada bingung dijaman sekarang masih ada orang-orang yang tidak tau dengan blog tepatnya fungsi dari blog itu sendiri mau dipakai untuk apa. kemaren seseorang menanyakannya pada saya ketika saya sedang daftar ulang untuk lomba blog yang sedang saya ikuti ini,dia bertanya “untuk apa membuat blog?”
Saya terdiam sejenak,bingung,kenapa masih ada saja orang yang tidak mengetahui fungsi dari blog itu.Setelah beberapa detik terdiam bingung langsung saya jawab pertanyaan orang itu,”blog itu fungsinya bermacam-macam,tergantung keperluan sipemakainya bisa diisi tentang diary,informasi tentang teknologi,berita,bisnis,dll tepatnya seperti buku kosong.”
Dari jawaban yang saya berikan tadi sudah jelas,bahwa blog itu sifatnya sangat luas dan bebas.Kita dapat menuangkan ide-ide apa pun atau bercerita dalam blog kita itu,jadi dapat kita simpulkan blog itu bisa menjadi sarana untuk berbagi dan bersifat fleksibel.

“perjumpaan pertama dengan blog”
Sekitar akhir maret 2010 awal saya memulai dengan mendaftar blog dan mencoba mengenal makhluk yang satu ini,awalnya hanya coba-coba saja karna hasrat ingin tahu tentang perkembangat teknologi terbawa arus jaman.Ketika sudah membuat blog saya sungguh bingung apa yang akan saya tulis diblog saya itu,karna sama seklai tidak ada persiapa yang matang tentang isi blog nantinya.Namun saya tidak mau berdiam diri saja,saya mencoba browsing berkunjung ke-blog orang ingin tahu apa saja yang biasa mereka tulis.Ternyata setelah baca sana baca sini saya mulai tahu apa saja yang biasa diisi oleh para blogger,yang saya temukan sangatlah beragam mulai dari cerita remaja,informasi berita,hal-hal yang unik,diary,dll.
Namun kesulitan menentukan tema blog tetap saya dapatkan,apa yang bisa saya bagikan? Dan seiring waktu berjalan saya pun mulai menulis apa adanya saja,tema blog saya pakai adalah pelangi,ya seperti pelangi yang mempunyai banyak warna seperti itulah gambaran blog saya dulu,hari ini menulis tentang berita nanti tentang tutorial photoshop besoknya diisi dengan kesehantan bahkan saya mengisinya dengan curhatan saya sendri.
Dan karna sering nulis tentang curhat,baru saya sadari kalau blog saya lebih banyak postingan tentang curhata dan saya pikir tema blog saya berubah menjadi nice atau satu tema saja didalam blog itu ya itu diary secara tidak sengaja.
Akan tetapi semua itu membuat para visitor yang sering mengunjungi blog saya menjadi merasa bingun karna ada tulisan yang berbeda-beda temanya.Tulisan selanjutnya saya akan berbagi beberapa tips ngeblog.


“jangan malu bertanya”
Jangan malu bertanya itu salah satu pedoman hidup saya dan juga pedoman blog saya.Apa bila kita mendapatkan kesulitan dalam ngeblog,baik itu tentang tampilannya,widget-widget tambahan,dll.Jangan malu untuk bertanya,tentunya dari para sesepuh blogger yang sudah lama menguasai lahan blog,itu sering saya lakukan apa bila mengalami kendala semisal mengubah tampilan blog atau apa pun.Tempat-tempat untuk bertanya pun banyak,salah satu yang paling gampang dan sering saya lakukan adalah bertanya dengan empu google,dengan keyakinan penuh saya yakin google sudah memberikan fasilitas apapun yang kita butuhkan.Ada juga cara lain yaitu bertanya lewat twitte atau facebook,denga menggunakan kedua akun tersebut kita dengan leluarsa bisa bertanya-tanya langsung dengan master-master blog.


“blog bias menjadi etalase diri”
Layaknya artis ada bias saja terkenal dengan blog yang ada miliki,awalnya hanya blogger amatiran besok-besok blog anda bias terkenal dengan sendirinya,berikut tips dari saya:
a.       Tentukan tema blog yang pasti,anda harus memiliki blog yang hanya mempunyai satu tema atau hanya fokus pada satu jenis tulisan saja,contohnya anda ingin terkenal dibagian desain grafis isilah blog anda dengan tutorial photoshop,coler draw,adobe flase yang bersangkutan dengan desain grafis.Pastinya yang berkunjung nanti adalah para fanatic para master atau pemula dalam bias grafis.
b.      Kemaslah tampilan blog dengan seindah mungkin,sehingga orang-orang merasanyaman ketika berkunjung diblog anda.
c.       Jangan sungkan mempromosikan blog anda,cara ini biasa saya lakukan ada bias mempromosikannya lewat twitter,facebook,madding sekolah,atau mungkin ketika anda melakukan presentase dikantor atau sekolah sisipkan alamat blog anda didalam slide yang kita gunakan untuk presentasi boleh diawal slide atau diakhir slide.
Dengan melakukan tips ini,bisa saja orang teratik setelah membaca blog anda itu.Bisa saja hari ini jadi pengunjung blog anda besok bias menjadi rekan bisnis anda.


“kehabisan ide menulis”
Saya akan memberikan tip lagi buat para blogger yang pemula atau pun yang sudah master sekaligus,apa bila mengalami kesulitan ide dalam menulis.
1.       Apa bila mengalami kesulitan ide menulis atau judul baru,coba saja kalian isi blognya dengan cerita-cerita dari kalian bias curhat,opini tau semcamnya.Bisa dibilang memberikan warna berbeda dalam blog anda yang bertemakan niche.
2.       Coba baca kembali beberapa tulisan-tulisan lama anda,siapa tau dari situ bias mendapatkan ide baru.
3.       Perhatikan lingkungan anda topik apa yang bias anda bahas dalam postingan blog anda,bias berupa opini kita terhadap suatu bencana,keadaan daerah ditempat anda,dll.
Ketika kehabisan ide bias saja suatu ide itu bisa dating menghapiri otak kita tanpa disengaja,nah apa bila menemukan ide baru langsung saja tulis disecarik kertas,hp,tisu atau apa saja yang dapat ditulis agar ide tersebut tida melayang saya sering melakukan itu ketika mendaptkan insfirasi dari guru atau teman.Sayangkan ide itu pada akhirnya hilang begitu saja,bagus-bagus kalo masih inget kalo lupa hayo.


“rambu-rambu ketika menulis”
Seperti dijalanan,sekolah atau tempat lainnya yang mempunya peraturan khusus,kita juga harus menjaga tulisan kita agar tidak merugikan pihak lain agar orang yang kita sebut tida tersingung takutnya dituduh mencemarkan nama baik,matilah kita.Dalam menulis blog pun ada peraturan dan rambu-rambu dalam menulis,contohnya saja kasus Prita Muliasari mungkin saja sebagian kalian bias saja lupa dengan kasus yang satu ini.Beliau menulis diblog pribadinya,tentang pengalaman beliau mengekspresikan kekecewaannya terhadap pihak rumah sakit dan piham rumah sakit pun merasa dirugikan atas perlakuan Prita itu dan pada akhirnya dibawa kemeja hijau,dengan tuduhan mencemarkan nama baik.Jadi berhati-hatilah dalam menulis sesuatu yang bias saja menyinggung perasaan seseorang.



“penutup”
Nah cuman itu saja yang bisa saya berikan kepada para blogger,karna saya blogger yang paling newbie yang ikut serta memeriahkan lomba ini.Pesan terahir untuk para blogger dari tulisan saya ini,saya hanya berharap agar dunia blogger di Indonesia khususnya  Banjaramsin makin berkembang dan tidak sungkan untuk berbagi diblog karna dengan blog kita bisa menabah wawasan lebih banyak yang mungkin saja tidak pernah didapat sebelumnya.

Salam blogger indonesia...!!!
blog saya yang pertama : http://adittyaregas.blogspot.com/

Posted on
Sabtu, 05 Maret 2011
Subscribe
Follow responses trough RSS 2.0 feed.

No Comments Yet to “Aku Dan Blog”